Monday, September 11, 2017

Ibu Yuniati, Buruh Cuci anaknya mendapat Gelar Doktor



Tidak ada imbalan yang sepadan untuk membayar jasa seorang ibu, pengorbanannya tak akan terhenti sepanjang hayat dikandung badan, dukungan dan doa selalu ia berikan kepada buah hatinya, itu pula yang dilakukan oleh Yuniati, ibu dari dua anak Satya Chandra Wibawa Sakti dan Oktaviana Ratna Cahyani.

            Mencari nafkah sebagai seorang buruh cuci pakaian, ia jalani sejak tahun 1995, pekerjaan itu ia lakukan setelah sang suami berhenti bekerja karena sakit, dari penghasilan inilah Yuniati menyekolahkan kedua buah hatinya. Kondisi ekonomi yang sangat terbatas terkadang memaksa ia berhutang demi membayar biaya pendidikan kedua anaknya. Profesi yang hanya sebagai buruh cuci, tidak memberikan pilihan lain selain berutang kepada rentenir kala itu, semua ini ia lakukan demi memberi bekal pendidikan yang tinggi bagi anak – anaknya.

Berkat usaha keras Yuniati, Satya Chandra Wibawa Sakti bisa menempuh kuliah S1 di jurusan kimia di Universitas Negeri Yogyakarta lalu melanjutkan S2 di jurusan kimia Universitas Gajah Mada pada tahun 2008 dan berhasil meraih gelar S3 nya di Universitas Hokaido Jepang. Prestasi akademik Satya membawanya selalu mendapatkan beasiswa, meski begitu bukan perkara mudah berjuang meraih pendidikan tinggi dengan kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan. Setelah lulus SMA, ia sempat ingin bekerja demi ingin membantu keluarga, namun sang ibu meyakinkan dia untuk selalu optimis meraih pendidikan setinggi mungkin.

Setelah mendapatkan gelar Doktornya, Satya kembali ke Indonesia. Berbekal ilmunya tersebut, ia mengabdi sebagai Dosen kimia anorganik di Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya. Dukungan dan doa dari sang ibu selama ini telah mengantarkannya meraih pendidikan yang tinggi.     

No comments:

Post a Comment