Tuesday, September 12, 2017

Adi Pramudya, lulusan Sarjana memilih menjadi Petani



            Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan sumber kekayaan alam yang berlimpah, namun sayangnya sektor pertanian mulai banyak ditinggalkan. Menjadi petani dan menggarap lahan pertanian bukan menjadi profesi yang diidamkan, meskipun potensi berkembangnya sangat besar kedepannya. 

            Namun seorang pemuda asal Pati Jawa Tengah, Adi Pramudya memilih untuk menjadi petani sejak masih kuliah di sebuah Universitas Swasta di Jakarta. Adi melakukan budidaya pertanian di Desa Sukadamai Kecamatan Suka Makmur Jonggol Jawa Barat. Menurutnya, lahan di daerah ini masih sangat luas dan tidak banyak yang memanfaatkannya menjadi lahan pertanian.

Anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Subroto dan Muipah ini memilih untuk membudidayakan beras dan juga berbagai jenis rempah – rempah seperti lengkuas, kencur, kunyit dan lain – lain. Dalam menggarap lahan pertaniannya, Adi melibatkan masyarakat sekitar yang tidak memiliki pekerjaan, agar mereka memiliki penghasilan tetap.

Lulus kuliah dan menyandang gelar Sarjana Teknik, tidak membuat dirinya lupa dengan panggilan jiwanya. Adi masih terjun langsung menjadi petani dan terus mengembangkan bisnisnya di bidang pertanian. Berbekal terus belajar dan bekerja keras, usaha yang dilakukan pria berusia 23 tahun ini berkembang pesat. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini, Adi sudah berhasil menguasai pasar induk di seluruh Jabodetabek sebagai salah satu pemasok bumbu dapur jenis lengkuas. Tidak hanya itu, ia juga berhasil menembus pasar ekspor luar negeri seperti Jerman dan Belanda.

Kedepannya, Adi berencana mengembangkan bisnisnya di sektor Agro Wisata dengan membuat tempat wisata yang berisi aneka rempah-rempah serta mengekspor rempah-rempahnya ke seluruh dunia.   

No comments:

Post a Comment